Skip to content

Herbal Insani

Home Penyakit Hipertensi
HIPERTENSI Print E-mail

notens

A. Pengertian
Hipertensi / Darah Tinggi adalah penyakit yang ditunjukkan oleh tekanan darah seseorang yaitu sistolik di atas 140 mm Hg dan diastolik di atas 90 mm Hg.
    Dari pengertian diatas diketahui bahwa darah tinggi didefinisikan berdasarkan ukuran dan bersifat generalisasi. Selain itu difinisi ini juga bersifat umum sehingga belum mencakup usia, berat badan, pola hidup, lingkungan dan faktor genetis.
 
B. Jenis-Jenis Tekanan Darah Tinggi :
Tekanan Darah Tinggi di kelompokkan menurut tingkatnya :
Kriteria Penyakit Hipertensi menurut The Joint National Committee V (JNC – V) dari USA tahun 1993 sebagai berikut :

  No.                                    Tekanan Darah (mm Hg)

               Sistolik         Diastolik
  1.       Normal                < 130                       <85
  2.        Perbatasan (High normal)               130 – 139       85 – 89
  3.        Hipertensi
   Derajat 1 = ringan  (mild)               140 – 156       90 – 99
   Derajat 2 = sedang (oderate)              160 – 179       100 – 109
   Derajat 3 = berat (severe)               180 – 209      110 – 119
   Derajat 4 = sangat berat (v.servere)                >=210                   >= 120
Pengelompokan di atas juga berdasarkan ukuran sehingga belum mempertimbangkan faktor-faktor spesifik dari tiap-tiap penderita.

C. Penyebab Hipertensi :    
Sekitar 90-95% kasus penyakit hipertensi belum dapat diketahui penyebabnya. Hipertensi seperti ini disebut Hipertensi essensial.
Sekitar 5-10 % kasus penyakit hipertensi sudah dapat diketahui penyebabnya.
Hipertensi ini disebut Hipertensi Skunder yang antara lain kemungkinan disebabkan oleh kelainan kelenjar endokrin, kelainan fungsi jantung, kelainan fungsi ginjal, kelainan fungsi metabolisme yang menyebabkan komposisi darah kurang dan lain-lain faktor yang umumnya bersifat bawaan.
    Hipertensi esensial pada orang dewasa dan lanjut usia umumnya memiliki kemungkinan sebab yang berkaitan dengan degenerasi organ-organ tubuh. Organ – organ tubuh sesuai dengan usia mengalami penurunan vitalitas sehingga tekanan darah naik untuk memperoleh keseimbangan, atau bahkan tekanan darah naik karena keleluasaan peredaran darah terhambat karena penuaan pembuluh darah (penurunan elastisitas pembuluh darah) atau organ yang dilalui darah seperti jantung, ginjal, hati, paru – paru dan lain-lain. Serta kemungkinan sebab lain yang berkaitan dengan pengaturan syaraf pusat dan gangguan kelenjar endokrin.
    Hipertensi sekunder lebih mudah diatasi daripada hipertensi esensial karena sesudah sebabnya diketahui secara pasti maka pengobatan diarahkan untuk memperbaiki organ yang rusak. Jika pengobatan itu berhasil maka sewajarnya hipertensi itu akan sembuh.

D.     Gejala Hipertensi
1.    Sakit Kepala
2.    Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk
3.    perasaan berputar seperti tujuh keliling serasa ingin jatuh
4.    Berdebar atau detak jantung terasa cepat
5.    Telinga berdenging

E. Komplikasi Penyakit Hipertensi
    Komplikasi penyakit hipertensi adalah penyakit yang diakibatkan oleh karena tekanan darah yang tinggi pada penderita hipertensi. Akibat dari hiperetensi ini akan timbul penyakit lain sebagai komplikasi.
1.    Kerusakan pada otak;
akibat pecahnya pembuluh darah otak (Stroke).
Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah otak. Akibatnya darah tercecer di bagian tertentu dari otak, sementara pada bagian lain dari otak tidak teraliri darah secara mencukupi sehingga sebagian otak rusak.

2.    Kerusakan pada jantung ;
akibat pembesaran otot jantung kiri sehingga  mengalami gagal jantung. Pembesaran otot jantung kiri karena kerja keras jantung untuk memompa darah.

3.    Kerusakan pada ginjal ;
akibat rusaknya pembuluh darah ginjal sehingga fungsi menurun sampai dengan gagal ginjal. Rusaknya pembuluh darah ginjal karena tekanan darah yang tinggi menekan didinding pembuluh darah.

4.    Kerusakan pada mata.
Kerusakan pada mata karena tekanan darah yang tinggi menekan pembuluh darah dan syaraf sehingga penglihatan terganggu.

F. Penyakit Penyerta Hipertensi
Penyakit penyerta hipertensi adalah penyakit yang biasa timbul pada penderita hipertensi bersamaan dengan penyakit hipertensi tetapi bukan diakibatkan oleh hipertensi diantaranya :
1.    Kencing manis
2.    Kencing manis akibat resistensi insulin
3.    Hiperfungsi kelenjar thyroid
4.    Rematik dan Gout
5.    Kadar lemak darah tinggi


G. PENGOBATAN HIPERTENSI


H. Pengobatan Penyakit Hipertensi Dengan Tanaman Obat
Tujuan pengobatan hipertensi dengan tanaman obat adalah mengobati hipertensi dengan memperbaiki penyebabnya sesuai filosofi tanaman obat sebagai obat konstruktif, yaitu memperbaiki / membangun organ atau sistem yang rusak yang mengakibatkan terjadinya hipertensi.

Tetapi mengingat 90 % - 95 % penyebab hipertensi tidak diketahui  (hipertensi essensial) maka kerja dari tanaman obat dalam memperbaiki / membangun organ / sistem yang rusak juga diketahui. Sebagai akibatnya, karena penyebab hipertensi yang tidak diketahui ini dipastikan lebih dari satu penyebab maka terdapat banyak tanaman obat yang ternyata cocok untuk banyak penderita yang berbeda satu sama lain, penderita satu cocok dengan tanaman tertentu dan penderita yang lain cocok dengan tanaman lain.

Pokok- Pokok Pengobatan Hipoertensi Dengan Tanaman Obat :
1.      Memilih tanaman obat yang bersifat diuretik, dengan maksud untuk mengurangi jumlah air dalam plasma darah dengan cara dibuang sebagai urine.
( Tempuyung, Murbey, Pegagan, Kumis Kucing, Ciplukan )
2.      Memilih tanaman obat yang memiliki efek farmakologi Anti-andrenegik, yaitu menurunkan produksi, sekresi dan efektifitas hormon adrenalin.    (  pulai )
3.    Memilih tanaman obat yang  memiliki efdek fermakologi Vasodilator, melancarkan peredaran darah dengan cara meningkatkan volume pembuluh darah dengan organ-organ yang disi darah.
( Sambiloto, Komfrey, Daun dewa, Pulai, Mengkudu, Pegagan, Alang-alang )
4.    Memilih jenis tanaman obat yang memiliki efek farmakologi Hipotensif (Sambiloto, murbey, Salam)

Makanan yang harus dihindari Oleh Penderita Hipertensi :
-    Garam
-    Kopi
-    Alcohol
-    Daging kambing
-    Durian

Terapi Jus :
-    Seledri
-    Bawang putih
-    Belimbing manis
-    Cincau rambat
-    Mengkudu  

Tanaman obat memiliki kelebihan dalam pengobatan hipertensi karena umumnya tanaman obat memiliki fungsi selain mengobati hiperetensi juga mengobati penyakit penyerta atau penyakit komplikasi sebagai akibat tekanan darah tinggi.

 

HEAD OFFICE


Kantor Pusat dan Rumah Sehat Herbal Insani Pusat
Jl Merdeka Raya Blok IV No 13
Depok II Tengah
Sukmajaya-Depok
Telp: 021-7700812

Rumah Sehat Herbal Insani Cab Depok I
Jl Nangka Raya No 100 RT12 RW02
Depok Jaya Pancoranmas
Kota Depok
Telp: 021-7776854

Rumah Sehat Herbal Insani  Cab Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 7F
Kel. Depok Kec. Pancoranmas
Kota Depok
Telp. 021-77211625

Kantor Pemasaran
Jl Mawar Raya No 1 RT04/04
PERUMNAS I Depok Jaya
Pancoran MAs Kota Depok
Telp: 021-7765748


pabrik PT Herbal Insani
 
Alamat Pabrik:
Jl Kp. Bulak RT02/04
Kel. Duren Seribu Ke. Bojongsari
Kota Depok
Telp: 0251-86133466
Fax: 0251-8613465
Madu Anak

Madu Anak

Manfaat dan Khasiat :Madu Anak dapat disajikan sebagai minuman untuk menambah nafsu makan, mempercepat pertumbuhan serta dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.Komposisi :Madu Murni, Temu Ireng,....

Propendix

Propendix

Manfaat dan Khasiat :Propendix sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena dapat membantu meringankan gangguan fungsi pencernaan.Komposisi :Andrographidis Herba ..... 300 mgCurcumae Xanthorri....

Kunyit Putih

Kunyit Putih

Manfaat dan khasiat :Kunyit Putih dapat membantu memelihara kondisi kesehatan pada penderita kanker.Komposisi :Kaempeferia Rotunda ..... 500 mgAturan Pakai :Dewasa 3 x 3 kapsul per hari

Ciplukan

Ciplukan

Manfaat dan Khasiat :Secara tradisional Daun ciplukan digunakan untuk membantu meringankan gejala kencing manis.Komposisi :Physalis Peruviana ..... 600 mgAturan Pakai :Dewasa 3 x 3 kapsul per hari

Kumis Kucing

Kumis Kucing

Manfaat dan khasiat :Daun Kumis Kucing sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia karena dapat membantu meluruhkan batu urin dalam saluran kemih dan juga dapat membantu melancarkan buang air kecil....

Vitastro

Vitastro

Manfaat dan Khasiat :Vitastro dangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena dapat digunakan untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.Komposisi :Gynura Folium ..... 200 mgCurcumae ....

Daun Sirsak

Daun Sirsak

Manfaat dan Khasiat :Daun Sirsak sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu memelihara kondisi kesehatan pasa penderita kanker.Komposisi ;Annonnae Muricatae Folium ..... 500 mgAturan Pakai :D....

RAPET PUTRI

RAPET PUTRI

Manfaat dan Khasiat :Rapet Putri dapat membantu mengurangi lendir yang berlebihan pada daerah kewanitaan.Komposisi :Parameriae Cortex ...... 200 mgQuercus Lusitanica ...... 200 mgCurcumae Domesticae....

UMBI DEWA

UMBI DEWA

Khasiat :Umbi Dewa berkhaisat untuk melancarkan peredaran darah, mencairakan pembekuan darah, dapat mengatasi memar, tumor dan kista.Komposisi :Gynura Sagetum ............. 500 mgAturan Pakai :Dewasa ....

Dalipid

Dalipid

Komposisi :Guazumae folium..... 194.5mgCurcumae rhizoma... 139.0mgElephantopi folium...   55.5mgMurrayae folium.......  55.5mgGynura folium..........  55.5mgKhasiat dan kegunaan: Membantu menguran....

Teh Pegagan

Teh Pegagan

Komposisi :Centella Asiatica    ……… 100 %Khasiat & Manfaat :1. Secara tradisional TEH PEGAGAN telah di gunakan sebagai minuman kesehatan yang berkhasiat untuk nutrisi otak, meningkatkan intel....

Teh Rossela Mesir

Teh Rossela Mesir

Khasiat :Mengandung vitamin c sangat tinggi menurunkan berat badanmengatasi sariawanmenurunkan asam urat menurunkan kolesterolmenurunkan panasmeningkatkan daya tahan tubuhmenstabilkantekanan darahmeng....

Teh Benalu

Teh Benalu

Khasiat :Digunakan untuk mengatasi tumor dan kanker.Aturan Pakai :Benalu teh 10 gr + sambiloto 10 gr + temu putih 5 gr direbus dengan 4gelas air hingga tersisa 3 gelas diminum pagi,siang dan sore.

Madu Anak

Madu Anak

                    Komposisi :                Madu Murni     ………..  80 %                Temu Ireng    ………..    7 %           ....

Madu Ibu Hamil & Menyusui

Madu Ibu Hamil & Menyusui

Komposisi :Madu Murni     ………  80 %Temulawak    ………    5 %Daun Katuk    ………   10 %Nigella Oil    ………     5 %Khasiat :Secara tradisional digunakan untuk mi....

Madu Insani

Madu Insani

Komposisi :Mengandung 125 cc madu murni Khasiat :Sangat baik digunakan untuk meningkatkan stamina dan daya tahantubuh, mengatasi peradangan saluran nafas, mengatasi sariawan, alergi,peremajaan sel kul....

Sari kurma

Sari kurma

                    Komposisi :                Mengandung 100% sari kurma murni yang diimport dari jazirah arab.                Khasiat :           ....

Buku

Buku

Herbal insani melalui pimpinannya , ir. B mahendra, telah menulis  beberapa buku herbal terbitan penebar swadaya. Buku-buku tersebut saat ini menjadi inspirasi dan referensi pengobatan bagi para tera....

Zaitun

Zaitun

Komposisi :Mengandung 250 cc minyak zaitun murni.Khasiat :Sangat baik untuk menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung, mencegah kanker, melancarkan pernafasan, mencegah peradangan lambung, meningkatk....

Umbi Dewa

Umbi Dewa

 Komposisi :Umbi Dewa    …….. 100 %Khasiat     :Melancarkan peredaran darah, mencairkan bekuan darah, mengatasi memar, mengatasi stroke dan ganguan jantung, menghambat sel kanker tumor dan....